Minggu, 10 Januari 2010

Deteksi tumbuh kembang anak

Diposting oleh Unknown di 17.54


1. USIA 4 BULAN
Gambar ini menunjukkan :
Perkembangan anak usia 4 bulan yang meliputi 5 bidang perkembangan yaitu bidang :
• Gerakan kasar
• Gerakan halus
• Pengamatan
• Bicara dan bahasa
• Sosialisasi dan komunikasi
Bahan diskusi :
• Kemampuan anak di tiap bidang perkembangan
• Stimulasi yang diberikan pada tiap bidang perkembangan bila diperlukan
• Berapa lama anak perlu distimulasi dan kapan anak perlu dirujuk
• Siapa saja yang bisa melakukan deteksi dan stimulasi ini
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Saat menstimulasi anak buatlah suasana yang menyenangkan
b. Orang tua / pengasuh selalu mengupayakan sebanyak mungkin menatap pada anak (kontak mata)
c. Lakkukan stimulasi ini agar menyenangkan bagi anak dan pelaku stimulasi.
2. USIA 8 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Pakailah benda-benda yang tersedia di rumah untuk mendeteksi keterlambatan dan stimulasi (misalnya : buah, sayur, perabot rumah tangga) perhatikan agar barang-barang tadi tidak berbahaya.
3. USIA 12 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Upayakan agar saat merangsang anak, ortu/pengasuh berbicara tetap sabar dan memberikan waktu pada anak untuk meniru
b. Upayakan agar interaksi dengan anak dilakukan beberapa kali sehari dan selama mungkin..
4. USIA 18 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Berikan anak cukup waktu untuk bermain dan ortu menyediakan waktu
b. Berikan contoh cara mengucapkan kata-kata dengan pelan tetapi jelas
c. Upayakan agar interaksi dengan anak dilakukan beberapa kali sehari dan selama mungkin..
5. USIA 24 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Bantulan anak bila belum bisa berjalan
b. Bantulah anak untuk mengenal bagian-bagian dari suatu benda
c. Berikan kesempatan untuk bermain di dalam dan di luar rumah dengan pengawasan
d. Pakailah bahan atau benda yang ada di rumah untuk menilai keterlambatan atau merangsang anak untuk menguasai perkembangan baru.
e. Ajaklah anak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga atau meniru pekerjaan ibu.
6. USIA 36 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Membantu anak naik-turun tangga
b. Membuat garis lurus / bengkok di atas kertas / pasir
c. Memperkenalkan benda-benda atau tanaman di sekeliling rumah menurut warna / bentuknya
d. Dorong anak untuk menceritakan pengalamannya
e. Ajak anak untuk berkunjung ke saudara yang mempunyai usia sebaya
7. USIA 48 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Membiasakan anak menggunakan alat tulis dan crayon untuk menggambar dan menulis
b. Membimbing anak untuk makan sendiri
c. Memberi pertanyaan kepada anak dan memberikan kesempatan pada anak untuk mengatasi masalah sederhana
d. Bermain, bercerita dan bernyanyi
e. Menyelenggarakan permainan berkelompok dengan anak-anak sebayanya
8. USIA 60 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan :
a. Pakailah permainan setempat untuk melatih gerakan kasar dan halus pada anak
b. Membuat gambar bentuk-bentuk dapat dilakukan pada pasir, tanah atau kertas
c. Dorong anak bercerita mengenai pengalaman di sekolah atau saat bermain
d. Dorong anak untuk mengikuti permainan berkelompok sesuai dengan permainan setempat.

0 komentar on "Deteksi tumbuh kembang anak"

Posting Komentar

Minggu, 10 Januari 2010

Deteksi tumbuh kembang anak



1. USIA 4 BULAN
Gambar ini menunjukkan :
Perkembangan anak usia 4 bulan yang meliputi 5 bidang perkembangan yaitu bidang :
• Gerakan kasar
• Gerakan halus
• Pengamatan
• Bicara dan bahasa
• Sosialisasi dan komunikasi
Bahan diskusi :
• Kemampuan anak di tiap bidang perkembangan
• Stimulasi yang diberikan pada tiap bidang perkembangan bila diperlukan
• Berapa lama anak perlu distimulasi dan kapan anak perlu dirujuk
• Siapa saja yang bisa melakukan deteksi dan stimulasi ini
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Saat menstimulasi anak buatlah suasana yang menyenangkan
b. Orang tua / pengasuh selalu mengupayakan sebanyak mungkin menatap pada anak (kontak mata)
c. Lakkukan stimulasi ini agar menyenangkan bagi anak dan pelaku stimulasi.
2. USIA 8 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Pakailah benda-benda yang tersedia di rumah untuk mendeteksi keterlambatan dan stimulasi (misalnya : buah, sayur, perabot rumah tangga) perhatikan agar barang-barang tadi tidak berbahaya.
3. USIA 12 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Upayakan agar saat merangsang anak, ortu/pengasuh berbicara tetap sabar dan memberikan waktu pada anak untuk meniru
b. Upayakan agar interaksi dengan anak dilakukan beberapa kali sehari dan selama mungkin..
4. USIA 18 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Berikan anak cukup waktu untuk bermain dan ortu menyediakan waktu
b. Berikan contoh cara mengucapkan kata-kata dengan pelan tetapi jelas
c. Upayakan agar interaksi dengan anak dilakukan beberapa kali sehari dan selama mungkin..
5. USIA 24 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Bantulan anak bila belum bisa berjalan
b. Bantulah anak untuk mengenal bagian-bagian dari suatu benda
c. Berikan kesempatan untuk bermain di dalam dan di luar rumah dengan pengawasan
d. Pakailah bahan atau benda yang ada di rumah untuk menilai keterlambatan atau merangsang anak untuk menguasai perkembangan baru.
e. Ajaklah anak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga atau meniru pekerjaan ibu.
6. USIA 36 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Membantu anak naik-turun tangga
b. Membuat garis lurus / bengkok di atas kertas / pasir
c. Memperkenalkan benda-benda atau tanaman di sekeliling rumah menurut warna / bentuknya
d. Dorong anak untuk menceritakan pengalamannya
e. Ajak anak untuk berkunjung ke saudara yang mempunyai usia sebaya
7. USIA 48 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan
a. Membiasakan anak menggunakan alat tulis dan crayon untuk menggambar dan menulis
b. Membimbing anak untuk makan sendiri
c. Memberi pertanyaan kepada anak dan memberikan kesempatan pada anak untuk mengatasi masalah sederhana
d. Bermain, bercerita dan bernyanyi
e. Menyelenggarakan permainan berkelompok dengan anak-anak sebayanya
8. USIA 60 BULAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan :
a. Pakailah permainan setempat untuk melatih gerakan kasar dan halus pada anak
b. Membuat gambar bentuk-bentuk dapat dilakukan pada pasir, tanah atau kertas
c. Dorong anak bercerita mengenai pengalaman di sekolah atau saat bermain
d. Dorong anak untuk mengikuti permainan berkelompok sesuai dengan permainan setempat.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 

anak cerdas indonesia Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal